Beranda > Korp Musik Upacara > Korps Musik Upacara

Korps Musik Upacara

Oleh : Iskandar Moerad

Belajar Trompet- Keberadaan Korps Musik untuk upacara baik dilingkungan pemerintah maupun militer pada saat biasa seringkali dilupakan. Namun pada saat akan dilaksanakan suatu upacara besar, panitia pelaksana sibuk mencari informasi tentang keberadaan korsik ini makanya saya hanya mengingatkan anda untuk mau belajar trompet.

Tim Korsik UpacaraDi Negara kita Indonesia tercinta ini dalam satu tahun pemerintah mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi sampai dengan pusat melaksanakan upacara minimal 1 bulan sekali.

Upacara-upacara di Indonesia antara lain : HUT Proklamasi RI tanggal 17 Agustus, Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, Hari Pahlawan 10 Nopember, Hari Korpri 29 Nopember. Belum lagi hari ibu, hut TNI, hut Polri, hut instansi-instansi pemerintah, dan masih banyak lagi.

Memang dalam suatu upacara, keberadaan korsik bukanlah hal yang terpeting, namun korsik bisa menjadi bagian penting dalam menunjang kemegahan dan hikmatnya upacara.

Gambar diatas adalah tim belajar trompet yang merupakan korsik binaan saya,  tampil pada HUT Kesaktian Pancasila tanggal 1 Oktober 2010. Pada Blog ini saya ingin membagi pengalaman dengan rekan-rekan yang berminat terhadap korsik ini khususnya tentang belajar trompet, bagaimana membangun suatu korsik dengan personil yang tidak banyak. Disamping untuk meningkatkan kemampuan kita dalam kegiatan Drum Band dll, yang paling penting adalah menambah kecintaan kita pada Bangsa dan Negara Indonesia ini. Dan siapa tahu kita bisa dapat rezeki dari kemampuan kita ini… hehehe…..

Upacara di Indonesia terdiri dari 2 jenis yaitu Tata Upacara Sipil (TUS) dan Tata Upacara Militer (TUM). Kedua jenis upacara ini secara umum kelihatan sama, namun ada beberapa perbedaan-perbedaan mendasar dalam pelaksanaannya misalnya dari istilah saja, kalau di TUM pelaksananya terdiri dari Inspektur Upacara, komandan upacara, perwira upacara dll, di TUS  istilahnya Pembina upacara, pemimpin upacara, pengatur upacara dll.

Maaf saya bukan ahli dalam hal ini, namun saya sering mengamati kegiatan-kegiatan seperti ini sehingga saya bisa menyimpulkan hal-hal tersebut…. bagi para ahli upacara harap dikoreksi melalui komentar….

Dalam suatu upacara baik militer maupun sipil, korsik dimainkan pada saat: inspektur upacara memasuki lapangan upacara, penghormatan pada inspektur upacara, laporan komandan upacara pada inspektur upacara, lagu Indonesia Raya, mengheningkan cipta, dan andhika bhayangkari, dan tambahannya pada upacara upacara tertentu ada penghormatan kepada lambang-lambang kesatuan. Dan untuk mengiringi upacara tersebut yang memegang peranan penting adalah trompet sehingga dibutuhkan belajar trompet yang terus menerus dan berkesinambungan.

Khusus untuk upacara 17 Agustus di sesi acara pembacaan teks proklamasi, ada tanda kebesaran buka dan tanda kebesaran tutup, dimana korsik tetap dimainkan pada sesi itu.

Untuk upacara militer selesai laporan komandan upacara bahwa upacara akan dimulai, biasanya dilanjutkan dengan pemeriksaan barisan. Pada saat itu korsik juga akan memainkan peran untuk mengiringi jalannya inspektur upacara pada saat memeriksa barisan.

Untuk belajar trompet, kita tidak perlu mengundang pelatih apalagi hanya untuk keperluan korsik, pada blog ini saya akan berusaha untuk menyajikan teknik belajar trompet sesuai dengan kemampuan saya dan selanjutnya silahkan anda belajar trompet sendiri melalui blog ini.

About these ads
  1. Juli 16, 2012 pukul 4:40 am

    ndak da contoh videonya or video tutorialnya ya gan…?

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: