Beranda > Korp Musik Upacara > Belajar Trompet Langkah II

Belajar Trompet Langkah II

Oleh : Iskandar Moerad

Belajar trompet – Pada langkah ke II ini kita akan mencoba oktaf solmisasi dasar yang lebih tinggi. Kalo kita sudah menguasai solmisasi dasar seperti pada Langkah I belajar trompet maka untuk oktaf yang lebih tinggi tombol yang ditekan mungkin teknisnya sedikit berbeda, namun apabila anda menggunakan dengan cara pada somisasi dasar maka bunyi atau nada yang akan keluar sama saja.

Oktaf adalah deretan nada mulai dari nada do sampai nada si. Untuk oktaf yang tinggi coba kita perhatikan gambar belajar trompet di bawah ini:

ini menunjukkan bahwa untuk oktaf yang lebih tinggi, kita lebih mudah dalam bermain tombol untuk menyanyikan sebuah lagu. belajar trompet pada nada untuk oktaf yang lebih tinggi di tandai dengan kode angka dengan tanda titik diatasnya.

Sebelum dilanjut saya hanya mengingatkan bahwa untuk tombol trompet ada kode angkanya yaitu :  Tombol nomor 1 adalah tombol yang berada disebelah kanan anda atau Mostok (tempat kita meniup),  Tombol nomor 2 adalah yang ditengah dan Tombol nomor 3 adalah yang disebelah kiri anda. Bagi yang sudah memiliki bisa melihat kode tersebut di trompet.

Untuk belajar trompet, anda harus bisa mengenali perbedaan cara menekan tombol pada oktaf pertama dengan oktaf kedua (oktaf yang lebih tinggi). Contohnya pada nada re (2) , kalau pada oktaf pertama, untuk nada re tombol yang di tekan ada dua tombol yang nomor 1 dan nomor 3, sedangkan pada oktaf kedua nada re yang ditekan hanya tombol nomor 1 saja. Namun kita juga tetap bisa menghasilkan suara yang sama dengan cara menekan tombol pada oktaf pertama

Untuk nada mi pada oktaf pertama tombol yang ditekan adalah tombol 1 dan 2, sedangkan pada oktaf yang lebih tinggi kita tidak perlu menekan tombol apa-apa, hanya tinggal pengaturan tiupan saja, dan apabila kita menggunakan cara menekan tombol seperti pada oktaf pertama maka nada yang dihasilkan untuk oktaf yang lebih tinggi tetap sama bunyinya dengan nada mi yang tidak menekan tombol.  Untuk  belajar trompet, kita harus mencoba kedua teknik tersebut. Untuk satu oktaf penuh, dengan nada krois (#) dapat silahkan klik disini

Belajar trompet memang memerlukan sedikit kerja keras, namun pada akhirnya Insya Allah semuanya akan lancar-lancar saja, oleh sebab itu silahkan anda coba sendiri belajar trompet untuk sekedar tahu saja atau untuk keahlian yang mengarah ke profesional.

  1. Roms
    Maret 6, 2012 pukul 12:38 am

    Mantap…sangat membantuku dalam melatih..trompet.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: